PAPUAtimes
PAPUAtimes

Breaking News:

   .

Jumat, 10 Juni 2016

Forum Parlemen Tanah Papua Akan Dibentuk

This Article Was Live On: Jumat, 10 Juni 2016 At 14.08.00 And Till Now HaveTidak ada komentar.
Ilustrasi Kantor DPR Papua – Jubi/Doc
Jayapura – Parlemen yang ada di Tanah Papua, DPR Papua dan Papua Barat berencana membentuk forum parlemen. Rencananya, forum itu akan dibentuk dalam waktu dekat atau paling lambat tahun depan.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyatakan, kesepakatan itu diambil pasca pertemuan DPR Papua dan DPR Papua Barat, Mei lalu yang membicarakan berbagai hal terkait Raperdasi/Raperdasus yang kini dibahas kedua pihak di lembaga masing-masing.

“Kami sepakat membentuk forum parlemen itu. Kami menilai, forum itu sangat penting, terutama ketika ada regulasi-regulasi di Papua dan Papua Barat yang diusulkan ke Pemerintah Pusat. Kami bisa berjuang bersama-sama,” kata Yunus Wonda, Jumat (10/6/2016).
Menurutnya, Papua dan Papua Barat tak ada bedanya. Kini bukan lagi bicara hanya Papua atau Papua Barat saja, namun secara keseluruhan Tanah Papua. Papua dan Papua Barat tak bisa dipisahkan. Pembentukan forum itu nantinya direncanakan akan dihadiri juga oleh gubernur kedua provinsi.

“Kapan pembentukan forum parlemen itu, pihak DPR Papua Barat yang menentukan waktu. Ketika itu, DPR Papua Barat studi banding ke DPR Papua. Mereka ingin melihat beberapa regulasi khususnya Perdasi dan Perdasus yang telah disahkan,” ucapnya.

Katanya, bicara kekhususan, Papua dan Papua Barat tak bicara sendiri. Namun satu suara. Aturan yang diberlakukan atau keputusan yang diambil juga sama. Apalagi Pemerintah Pusat terkadang membandingkan Papua dan Papua Barat dalam hal regulasi yang diberlakukan.

“Pemerintah Pusat terkadang membanding-bandingkan Papua dan Papua Barat. Sering mempertanyakan ketika ada regulasi, kenapa itu bisa dilaksanakan di Papua Barat dan tidak di Papua, atau sebaliknya. Makanya kami sepakat agar kedepan tak ada lagi perbandingan-perbandingan seperti itu,” katanya. (*)


You Like It, Please Share This Article Using...


Don't Forget To Read This Also...


Tidak ada komentar :


Berikan Tanggapan Andan Disini: